Tentang Kami

Lingkar Studi Filsafat (LSF) Cogito adalah komunitas epistemik yang dibentuk dan dikembangkan oleh sekelompok mahasiswa filsafat di lingkungan akademik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Sejak berdiri pada tahun 2014, LSF Cogito memantapkan posisinya sebagai komunitas epistemik tempat belajar bersama, dengan spirit Pencerahan yang membebaskan akal budi dari belenggu tradisi dan dogma.

Dalam spirit itu tersimpan sebuah kehendak, dengan daya nalar, untuk mempertemukan filsafat dengan berbagai disiplin ilmu. Filsafat tidak dipahami hanya sekadar kegiatan merapal pemikiran tokoh dari periode Antik hingga Kontemporer, tetapi juga sebagai usaha berpikir rasional, reflektif, kritis, radikal, dan sistematis terhadap suatu persoalan konseptual dan teoretik dalam berbagai disiplin keilmuan yang pelik.

LSF Cogito juga berusaha menghadirkan wacana filsafat yang memiliki sensitivitas pada praksis keseharian tanpa mereduksinya ke perkara-perkara teknis yang dapat menyelesaikan masalah secara instan. LSF Cogito, karena itu, bergerak untuk hidup dengan filsafat dan sekaligus menghidupi filsafat.

Selain website ini, LSF Cogito memiliki tiga kegiatan rutin lainnya: 1) penerbitan Jurnal Mahasiswa Filsafat Cogito dua kali dalam setahun, 2) diskusi rutin setiap minggu tentang diskursus filsafat-interdisipliner (Rembug Filsafat), dan 3) latihan kepenulisan ilmiah-kreatif. Mari berkontibusi!