Mari Berkontribusi

LSF Cogito membuka kesempatan seluas-luasnya bagi siapa pun untuk berkontribusi dalam lsfcogito.org. Kami menerima segala artikel dengan sudut pandang filsafat dengan objek yang luas. Tidak terdapat ruang yang mengekang, akan tetapi ada beberapa kategori dan standarisasi yang yang kami sediakan yang dijelaskan dalam bagian berikut.

Meditasi

Meditasi yang dimuat dalam situs lsfcogito.org adalah esai terbuka, dalam artian tidak menuntut kebakuan penulisannya menurut pola yang berlaku pada jurnal atau karya tulis akademis. Di rubrik meditasi lsfcogito.org kamu bebas mengutarakan permasalahan filosofis baik itu perenial maupun aktual dengan gaya apapun, hanya dengan satu syarat: kritik solutif. Terserah memakai pendekatan teoritis, pendekatan argumentatif, ataupun dengan pendekatan perenungan filosofis, selama tulisanmu bermuatan kritik yang berujung solusi konstruktif. Namun ingat, kebebasan yang kami tawarkan tetap dipondasikan pada sifat karakteristik ilmu pengetahuan, bahwa tidak ada gunanya ilmu bila dilandaskan pada kebencian.

Metode

Rubrik Metode di lsfcogito.org merupakan tulisan ilmiah dengan rujukan sitasi yang ketat. Dalam penulisannya diharapkan para kontributor berusaha mengangkat tema dan problem filsafat yang aktual maupun perenial. Di rubrik metode kamu boleh bereksperimen sebebasnya asal tetap di dalam koridor ilmiah (bisa dipertanggungjawabkan secara akademis).

Review

Review yang dimuat dalam situs lsfcogito.org adalah ulasan buku/film dari genre apapun. Hal yang terpenting adalah penulis harus mampu mencari celah filosofis dalam buku/film yang akan diulas. Untuk ulasan buku, penulis wajib mencantumkan detail, di antaranya: Judul (serta judul dalam bahasa asli jika merupakan buku terjemahan), Penulis (dan penerjemah jika merupakan buku terjemahan), Penerbit, Tahun Terbit, Jumlah Halaman, Bahasa, dan ISBN.


Naskah dapat dikirim ke email: surelcogito@gmail.com dengan subjek sesuai dengan kategori naskah. Demi kepentingan editorial dan aktivitas umpan balik, kami sarankan untuk tidak menyimpan berkas dalam format .rtf dan .pdf.

Sertakan pula nama lengkap, nomor telepon yang dapat dihubungi, alamat surel, beberapa kalimat tentang penulis, foto diri (dilampirkan dalam berkas terpisah), dan tautan situs web atau media sosial (jika tersedia).

Setiap naskah yang disetujui oleh redaktur untuk dipublikasikan pada situs lsfcogito.org tidak menerima honorarium berupa uang. Akan tetapi kami memberikan promosi seluas mungkin mengenai naskah yang terbit tersebut sehingga dapat memperluas ranah penulis sekaligus prestise dalam dunia kepenulisan.

Redaktur memiliki hak untuk menyunting naskah dan gambar yang telah dikirimkan sebelum dipublikasikan. Apabila naskah kamu dimuat kami akan segera memberitahukannya melalui surel.

Apabila dalam waktu dua minggu setelah berkas tulisan terkirim tidak ada respon apa pun dari pihak redaktur, hal tersebut dapat berarti tulisanmu tidak diterbitkan atas satu alasan khusus, yakni: tidak sejalan dengan wilayah cakupan filsafat sebagai basis kajian dari lsfcogito.org.

Apabila tulisan kamu dimuat di lsfcogito.org, kamu masih berhak mengirimkannya ke media yang lain setelah dua pekan dan mencantumkan bahwa karyamu tersebut pernah dimuat di lsfcogito.org, jangan lupa sertakan tautan ke tulisanmu di lsfcogito.org.