Syarat dan Panduan Penulisan Jurnal

PANDUAN LENGKAP PENULISAN ARTIKEL JURNAL MAHASISWA FILSAFAT “COGITO”

TOPIK JURNAL:
Topik yang diterima dalam jurnal ini adalah artikel dengan sudut pandang filsafat. Artikel dapat berupa kajian tokoh, refleksi terhadap persoalan-persoalan aktual (seperti, internet, globalisasi, fashion, dll), dan perenial (seperti kebebasan, kesejahteraan, kejahatan, keadilan, dan Tuhan) atau gabungan keduanya, analisis fenomena dengan menggunakan cabang atau aliran filsafat, riset lapangan atau yang setara dengan yang sudah disebutkan.
Redaksi juga menerima tulisan berupa ulasan buku dengan tema filsafat.

SISTEMATIKA PENULISAN:
Semua artikel dalam jurnal harus mengikuti aturan sistematika penulisan ini:
A. Judul
Berisi judul artikel dan boleh menggunakan sub judul.
B. Nama Penulis
Nama penulis ditulis lengkap. Status Penulis (asal kampus) ditulis sebagai endnote nomor 1
C. Intisari
Berisi intisari artikel disertai dengan kata kunci.
D. Pendahuluan
Berisi latar belakang penulisan artikel, tujuan, metode, dan sistematika baik secara eksplisit maupun implisit.
E. Pembahasan
Isi dari artikel. Sub judul dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
F. Penutup
Berisi kesimpulan dan atau saran dari penulis. Dalam penutup penulis juga dapat membuat catatan penutup yang berisi refleksi (yang lepas dari refleksi dalam pembahasan bila ada).
G. Daftar Pustaka
Berisi semua rujukan yang diacu dalam artikel, diurutkan sesuai abjad (lebih lengkap lihat sub bab daftar pustaka dalam panduan ini).
H. Biodata Penulis
Berisi nama penulis (alamat e-mail), tempat tanggal lahir, kegiatan sehari-hari, asal kota, dan kampus. Maksimal 150 kata.

TEKNIS PENULISAN:
1. Panjang artikel maksimal 8000 kata, ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI). Istilah asing dicetak miring. contoh: seduction, Dasein, manunggaling kawula gusti, l etre pour soi.

2. Intisari ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia, dibuat satu paragraf berisi tujuan, metode, dan kesimpulan, dengan panjang sekitar 100-200 kata, dan diikuti kata kunci 3-5 kata.

3. Subjudul dalam pembahasan disesuaikan dengan kebutuhan artikel.

4. Pengutipan menggunakan catatan akhir (end note) dengan model Modern Language Association (MLA).

Contoh Endnote:
1 Lih. Immanuel Kant, Foundation of Metaphysic of Moral, Terjemahan Leweis White Beck (New York: Macmilian Publishing Company, 1990), hal. 42.
2 Lih. Ibid.
3 Lih. Ibid., hal. 56.
4 Lih. Immanuel Kant, Kritik atas Akal Budi Praktis, Terjemahan Nurhadi (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005), hal. 122.
5 Lih. Martin Heidegger, Being and Time, Terjemahan Joan Stambaugh (New York: State University of New York Press, 1996), hal. 58.
6 Lih. Immanuel Kant, Op. Cit., hal. 51.

5. Daftar pustaka diurutkan sesuai abjad dengan menggunakan model Modern Language Association (MLA).

Referensi yang diacu dalam daftar pustaka hanya yang dikutip dalam artikel, jika tidak tercantum dalam artikel akan dihapus secara langsung oleh redaksi. Panduan penulisan daftar pustaka model Modern Language Association (MLA) bisa diunduh di sini.

9. Orisinalitas Karya
– Karya yang dikirimkan adalah karya yang orisinil, bukan hasil plagiasi atau saduran, dan belum pernah dipublikasikan di media lain yang dibuktikan dengan surat pernyataan orisinalitas karya (unduh di sini).
– Pengecualian: Makalah untuk kuliah dan skripsi yang sudah disesuaikan dengan format Jurnal Cogito dan belum pernah dipublikasikan.

10. Format pengiriman

Artikel beserta surat pernyataan orisinalitas karya dikirim via e-mail ke surelcogito@gmail.com dan cc: jurnal@lsfcogito.org dengan lampiran .docx/.rtf.

Nama file artikel: Nama Penulis – Judul Artikel
Subjek email: Artikel untuk Jurnal Cogito

Note: Untuk penulisan ulasan buku redaksi membebaskan sistematika dan gaya penulisannya kecuali jumlah maksimal kata (3000 kata).